Tuesday, March 06, 2007

EUNIKE

Panduan Bacaan: Kisah Para Rasul 16

16:1 Paulus datang juga ke Derbe dan ke Listra. Di situ ada seorang murid bernama Timotius; ibunya adalah seorang Yahudi dan telah menjadi percaya, sedangkan ayahnya seorang Yunani.
16:2 Timotius ini dikenal baik oleh saudara-saudara di Listra dan di Ikonium,
16:3 dan Paulus mau, supaya dia menyertainya dalam perjalanan. Paulus menyuruh menyunatkan dia karena orang-orang Yahudi di daerah itu, sebab setiap orang tahu bahwa bapanya adalah orang Yunani.

Pasangan yang Tidak Beriman

Apakah anda akrab dengan nama NIKE? Ya, nama ini adalah merek dagang sebuah produk olah raga, tetapi tahukah anda asal dari kata itu? NIKE adalah dewi kemenangan Yunani, dan namanya memiliki arti “menaklukkan dengan baik.” Hari ini kita berjumpa dengan Eunike, dan namanya sesungguhnya berasal dari NIKE. Kemenangan apa yang akan kita saksikan dalam hidupnya?

Kita mengetahui bahwa ia adalah ibu dari Timotheus, pemuda yang menjadi teman dan murid paling muda yang dipercaya oleh Rasul Petrus (2 Timotius 1:5). Di hari-hari ke depan kita akan kembali membahas soal Eunike sebagai seorang ibu, tetapi hari ini kita akan memusatkan perhatian pada pernikahannya dengan seorang pria Yunani, seorang penyembah berhala dan karenanya adalah seorang yang tak beriman. Petunjuk apa yang diberikan oleh Kitab Suci kepada mereka yang menikah dengan seorang yang tak beriman?
Perlihatkan – Pastikan anda menunjukkan penghargaan dan penghormatan anda kepada pasangan anda yang tidak beriman. (Efesus 5:33)

Berdoa – Doa pasti menolong di segala keadaan, dan menikah dengan seorang suami yang tak beriman akan mendapatkan keuntungan dari hal ini juga (Yakobus 5:16) – jadi berdoalah!

Katakan – Jangan pernah berhenti memuji, menghibur, membangun, dan mengkomunikasikan kasih anda kepada suami anda. (Kolose 4:6)

Persiapkan – Pastikan setiap hari anda mengenakan roh yang lemah lembut dan tentram (1 Petrus 3:4). Roh semacam itu tak ternilai harganya bagi Tuhan dan sangat membantu di semua pernikahan.

Tunda – Tundalah taktik pertama anda jika timbul suatu masalah. Tahan lidah anda, naikkan doa singkat, dan temukan hikmat dan kasih karunia yang anda perlukan di dalam Tuhan untuk memberikan jawaban yang lemah lembut dan tepat. (Amsal 15:1, 28)

Perhatikan – Perhatikan wanita-wanita dalam Kitab Suci yang mengasihi Allah dan menikah dengan pria yang bukan orang beriman. Ester (lihat kitab Ester) dan Abigail (1 Samuel 25) muncul sebagai pemenang dalam posisi khusus ini.

Pertahankan – Kitab Suci mendorong para istri untuk tidak bercerai dari suaminya (1 Korintus 7:10). Bicarakan dengan pastor atau pendeta atau pasangan awam di dalam Tuhan yang berhikmat mengenai keadaan anda.

Balas – Pastikan untuk membalas kejahatan dengan kebaikan (Roma 12:21). Ini hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi dengan melakukannya, anda akan memperoleh Niké – kemenangan!

Ijinkan Eunike yang Manis membangkitkan semangat anda, dan ingatlah bahwa iman anda di dalam Yesus dapat dan akan menopang anda di dalam pernikahan anda – dan bahkan kiranya dipakai oleh Allah untuk melembutkan hati pasangan anda yang belum percaya!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home